Minggu, 14 Mei 2017

CONTOH NEGOSIASI

Contoh negosiasi perwakilan karyawan dan pengusaha
Pengusaha          : “Langsung saja, saya keberatan atas aksi mogok yang kalian lakukan! Perusahaan bisa merugi kalau karyawan terus-terusan mogok begini”
Karyawan            : “Aksi yang kami lakukan bukan tanpa alasan pak!”
Pengusaha          : “Alasan apa?”
Karyawan            : “Kami meminta kenaikan upah pak! Hari ini harga kebutuhan pokok semakin meningkat, sementara penghasilan kami tetap!”
Pengusaha          : “Iya, saya mengerti, tapi kok harus mogok segala! Ini kan sama saja menghentikan produksi, sama artinya menghentikan penghasilan kita semua. Bisa bangkrut kita!”
Karyawan            : “Iya pak, sebetulnya kami sudah sampaikan permasalahan ini pada direktur bidang kehumasan, tapi beliau bilangnya nanti dan nanti. Sementara teman-teman sudah pada tidak sabar pak.”
Pengusaha          : “Oalah. Memangnya mau naik berapa?”
Karyawan            : “Kami minta kenaikan 15 persen dari upah saat ini pak”
Pengusaha          : “Wah sepertinya tidak bisa kalau segitu. Penghasilan perusahaan kita tak bisa membayar sebanyak itu. Paling naik 5 persen.”
Karyawan            : “Bagaimana kalau 10”
Pengusaha          : “Akan saya usulkan nanti pada dewan direksi”
Karyawan            : “Saya minta komitmennya pak!”
Pengusaha          : “Iya saya janji, minimal 7 persen, akan diusahakan goal. Nanti perwakilan kalian akan kami libatkan dalam rapat direksi.
Karyawan            : “Baik pak, terima kasih. Selamt siang.”
Pengusaha          : “Selamat saiang”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar